Beranda | Artikel
Motivasi Pendidikan Islam (Ustadz Nafi Zainuddin, Lc.)
Minggu, 1 November 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Nafi` Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Nafi’ Zainuddin, Lc.

Rekaman video: Ustadz Nafi’ Zainuddin, Lc. – Motivasi Pendidikan Islam

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Motivasi Pendidikan Islam

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus NabiNya yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tujuan untuk mentarbiyah, mendidik umat manusia, sekaligus menyeru mereka ke jalan Allah. Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ شَاهِداً وَمُبَشِّراً وَنَذِيراً، وَدَاعِياً إِلَى اللَّهِ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجاً مُّنِيراً

“Wahai Nabi, sesungguhnya Kami telah mengutusmu untuk jadi saksi, pembawa kabar gemgira, pemberi peringatan, dan untuk jadi penyeru kepada Agama Allah dengan izinNya dan untuk jadi cahaya yang menerangi.” (QS Al-Ahzab [33]: 45-46)

Allah Ta’ala dengan jelas menerangkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam diutus untuk seluruh manusia sebagai pembawa kabar gembira, pemberi peringatan, dan menjadi cahaya yang menerangi jalan uamt manusia.

Dan di dalam hadits yang shahih, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن الله لم يبعثني معنِّتاً ولا متعنتاً، ولكن بعثني معلماً مُيسراً

“Sesungguhnya Allah Ta’ala tidak mengutusku menjadi seseorang yang memberatkan dan keras kepala. Akan tetapi Allah Ta’ala mengutusku sebagai seorang guru (yang memberi pengajaran) dan memberikan kemudahan.” (HR Muslim)

Dari apa yang telah Allah jelaskan dalam firmanNya dan yang telah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jelaskan pula di dalam sabdanya, maka sesungguhnya At-Tarbiyah wa At-Ta’lim adalah merupakan cara yang disyariatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mengembalikan manusia ke dalam fitrahnya di dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Maka dari itu, Allah mengutus NabiNya dan memerintahkannya untuk mengajak manusia untuk kembali kepada peribadatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan kita dapati bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sepanjang hidupnya melaksanakan hal ini dengan berbagai caranya.

Simak lebih lanjut penjelasan tentang “Motivasi Pendidikan Islam” yang disampaikan oleh Ustadz Nafi Zainuddin dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Nafi’ Zainuddin – Motivasi Pendidikan Islam

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/16867-motivasi-pendidikan-islam-ustadz-nafi-zainuddin-lc/